Tips Sehat, Wanita Harus Periksa Payudara dan Rahim Lebih Dini

Catatan Sehari Hari June 4, 2016

Menjadi sehat merupakan keharusan bagi semua orang. Tak heran jika kini, gaya hidup sehat tengah digemari banyak orang.

Sayangnya, berbeda dengan pria, wanita rentan terhadap beberapa penyakit. Oleh karena itu, para wanita perlu memperhatikan kesehatan lebih ekstra.

Agar tetap sehat, berikut tips sederhananya yang dilansir dari Everyday Health.

1. Pola makan natural
Agar terhindar dari penyakit jantung, stroke serta diabetes, pastikan pola makan Anda sehat. Konsumsilah biji-bijian, kacang-kacangan dan makanan berserat tinggi. Selain itu, untuk daging dan ikan, pilih yang segar dan rendah lemak.

Hindari juga makanan dan minuman yang tinggi kalori, gula, garam, dan lemak jenuh. Sementara makanan olahan, terutama daging, telah dipastikan oleh WHO sebagai penyebab utama kanker.

Sayuran mentah, seperti seledri, wortel, brokoli, mentimun dan zucchini dipercaya baik untuk dijadikan camilan. Agar terasa lebih lezat, Anda juga bisa mengonsumsinya dengan madu murni.

2. Olahraga teratur
Olahraga secara teratur menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Idealnya, olahraga selama 30 menit setiap hari, lima hari dalam seminggu atau setiap hari. Selain itu, latihan aerobik seperti berjalan, renang, bersepeda, dan dansa juga baik untuk jantung.

3. Hindari kebiasaan yang berisiko
Hindari rokok dan lingkungan yang terpapar asap rokok. Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa wanita yang mengonsumsi alkohol sebanyak 12-14 gram sehari atau setara dengan 350 ml bir kadar alkohol 4,5 ml, atau 150 ml wine kadar alkohol 12 persen.

4. Hindari stres
“Luangkan waktu beberapa menit sehari untuk rileks agar pikiran Anda tenang kembali. Relaksasi tidak memakan waktu lama dan kesehatan mental akan sangat memengaruhi kesehatan fisik Anda,” papar Novey.

5. Gunakan tabir surya
Paparan sinar matahari secara terus menerus menyebabkan kanker kulit. Untuk mengatasinya, Anda harus menggunakan lotion dengan kandungan SPF 15 saat bepergian ke luar rumah.

6. Pemeriksaan dini kanker serviks dan kanker payudara
Sadari atau pemeriksaan payudara menjadi salah satu hal yang harus dilakukan setiap wanita. Kegiatan ini seharusnya dilakukan setiap bulan bagi mereka yang sudah menstruasi.

Namun, sebuah penelitian di American Cancer Society menjelaskan, bahwa sadari tidaklah cukup untuk mendeteksi keberadaan kanker payudara.
Para pakar kesehatan pun menganjurkan agar melakuan pemeriksaan mulai usia 20 tahun.

Sementara di usia 40 tahun ke atas, wanita harus melakukan mamogram setiap tahun. Hal ini juga berlaku untuk pemeriksaan dini kanker serviks atau kanker leher rahim.

Leave a Comment