Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Catatan Sehari Hari June 4, 2016

Salah satu gangguan kesehatan yang dialami oleh mata adalah mata kering. Saat terjadi mata kering, maka biasanya Anda akan merasa panas di daerah mata, perih, dan mata akan menjadi merah. Ini terjadi bila Anda terlalu banyak bekerja di dapan komputer atau laptop, mengendara sepeda motor tanpa pelindung mata, sehingga kondisi mata menjadi kering.

Tenang saja, rahasia mengatasinya mudah sekali, kok. Hanya dengan rajib berkedip maka kondisi mata kering dan perih Anda akan teratasi. Namun jangan meremehkan hal ini, sebab jika kondisi mata kering Anda dibiarkan, maka bisa memicu kerusakan pada kornea mata.

Dilansir oleh laman indiatimes, jika Anda lupa berkedip atau terlalu lama rentang waktu berkedip Anda, maka akan terbentuk garis dan bintik hitam kering pada mata. Hal tersebut dijelaskan oleh Kara maki, asisten profesor di Rochester Institute of Technology di Amerika Serikat.

“Kondisi mata yang terlalu kering mampu menciptakan garis dan bintik hitam kering di mata yang dapat membahayakan penglihatan Anda dan mengiritasi kornea Anda.”

Fungsi mata yang mengedip adalah untuk membasahi dan melumasi permukaan mata Anda, sehingga kotoran atau iritasi tak terjadi. saat mata mengedip saluran air mata akan membuka, dan membantu membasahi bola mata.

Peristiwa mata kering juga bisa terjadi dalam ruangan yang ber AC, atau memakai lensa kontak dalam jangka waktu lama. Pada wanita dengan usia menopause pun dapat memicu mata kering sebab produksi air mata turut berkurang karena pengaruh hormon. Karena itu mengatasinya tak hanya sekedar berkedip, namun juga rajin meneteskan obat tetes mata yang berfungsi melembabkan.

sumber:catatanuang.com

Leave a Comment